Network File Sistem

Network File Sistem (Sistem Berkas Jaringan) adalah sekumpulan protokol yang digunakan untuk mengakses beberapa sistem berkas melalui jaringan. Bisa dikatakan juga bahwa NFS merupakan sebuah implementasi dan spesifikasi dari sebuah perangkat lunak untuk mengakses remote file melalui jaringan LAN atau WAN. Protokol ini bekerja dengan sistem client/ server. Server akan meng-export suatu file sistem sehingga dapat di-share di jaringan, selanjutnya, user akan melakukan mounting ke server tersebut. Langkah-langkah dalam melakukan File Sharing adalah sebagai berikut.
1.Ketik perintah #rpm -qa | grep nfs untuk memeriksa apakah NFS ada di sistem/kernel.

2.Periksa apakah class IP guess (CentOS) dengan IP host (Windows) sama. misalnya IP host adalah 10.10.2.53 dan IP CentOS adalah 10.10.3.53.
3.Ubah pengaturan Network menjadi Bridge Adapter. Dan lakukan pengetesan dengan cara melakukan ping ke klien.
4.Gunakan perintah #mkdir filesharing (filesharing merupakan nama folder) lalu masuk ke editor nano.
5.Pada editor nano, ketik #nano /etc/exports. untuk mengatur direktori mana saja yang akan akan dishare dan penentuan hak akses client.

6.Masukkan alamat IP dan netmask, serta hak akses yang diberlakukan pada folder tersebut. (rw, sync). (rw) artinya klien bisa merubah file. (sync) artinya klien menjawab permintaan sesudah permintaan perubahan dilakukan pada disk drive.

7.Simpan dengan menekan tombol Ctrl+O, lalu keluar dengan menekan tombol Ctrl+X.
8.Masuk kembali ke #nano etc/hosts.allow . File Allow digunakan untuk mengizinkan IP mana saja yang terhubung ke server.
9.Ketik portmap, alamat IP dan netmask. Lalu, Ctrl+O, lalu keluar dengan menekan tombol Ctrl+X untuk menyimpan.
10.Lakukan restart dengan perintah /etc/init.d/nfs restart.

11.Gunakan perintah # /etc/init.d/portmap start atau #service portmap start untuk menjalankan portmap, dan untuk menjalankan nfs gunakan perintah # /etc/init.d/nfs start atau #service nfs start.



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Category:

0 komentar:

Posting Komentar

Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new